Selasa, 27 Mei 2014

Perkembangan Busana Muslim Semakin Cepat

Perkembangan dunia fashion merupakan salah satu bidang yang tidak pernah berhenti bahkan terus memunculkan inovasi baru hingga saat ini.  Salah satu yang menjadi sorotan adalah gaya fashion Muslimah yang gerakan sosialnya lebih besar bagi pemberdayaan perempuan dalam komunitas Muslim.


Busana syar'i bagi Muslimah telah menjadi tren di dunia dan terus berkembang pesat.  Hal ini pun didasarkan pada perintah al quran dimana setiap Muslimah hendaknya mengenakan pakaian yang dituntunkan dalam agama.

Perintah inilah yang menjadi dasar bagi banyak wanita Muslim di seluruh belahan dunia untuk berhijab.  Zaman yang semakin modern sekarang ini pun juga mempengaruhi berbagai varian pakaian hijab yang modis.

Dari suatu survey, dikatakan bahwa tren busana Muslim telah menggeser pakaian modern gaya barat yang terkesan minim.  Dimana terhitung terdapat 1,8 miliar Muslim di dunia.  

Menurut survei, wanita Muslim yang berusia di bawah 25 tahun di dunia, sebanding dengan 11 persen populasi manusia di seluruh negara.  Dan hal ini tentu menjadi peluang yang bagus bagi pasar busana Muslim dunia.  

Biasanya muslimah muda yang masih berumur di bawah 25 tahun lebih tertarik akan tren fashion terbaru dan lebih percaya dengan produk yang sudah memiliki merek tertentu.  “Tren fashion dan merek dari produk tersebut menegaskan identitas dan kualitas mereka," jelasnya.

Selai itu, banyak wanita Muslim yang melirik dunia fashion dengan mode barat, sehingga diadopsi dalam busana Muslimah.  Perpaduan pasar antara kewajiban menutup aurat dan mode dari barat semakin membuat penjualan busana muslim semakin melesat.

Busana Muslim bukanlah sesuatu yang seragam di setiap wilayah Indonesia.  Berbeda dengan Indonesia, muslimah yang tinggal di Alaska memiliki iklim, budaya, dan interpretasi sendiri terhadap mode, fashion, dan busana Muslimah mereka.  Selain faktor ini, masih ada faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi perkembangan busana muslim di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar