Kamis, 12 Juni 2014

Wisata Dago Pakar yang unik di Bandung

Untuk masyarakat Bandung, pasti tidak asing dengan yang namanya Dago Pakar. Dago Pakar merupakan tempat kawasan wisata Maribaya. Dago Pakar memiliki nama lain yang bernama Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda. Taman ini adalah sebuah kawasan hutan yang masih tersisa di kota Bandung.

Taman ini terletak di daerah Bandung Utara, dan merupakan taman hutan raya yang pertama di Indonesia. Taman ini diresmikan oleh Presiden Soeharto dimana bertepatan dengan tanggal kelahiran Ir. H. Djuanda. Sedangkan nama Maribaya sendiri adalah sebuah kawasan wisata terusan Dago Pakar di daerah Lembang dimana memiliki pesona air panas dan beberapa air terjun.

Untuk mencapai Dago Pakar ini, beberapa agen tour dan travel menyediakan fasilitas untuk anda yang bukan orang asli Bandung. Namun, apabila anda sedang berlibur secara mandiri, maka cara terbaik adalah dengan menggunakan rental mobil Bandung. Apabila anda sudah memiliki kendaraan, maka perhentian terakhir anda adalah Terminal Dago. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki atau menyewa ojek sejauh kurang lebih 500 meter.

Kawasan Dago Pakar ini merupakan tempat yang sangat sejuk karena terdapat pohon-pohon yang besar yang tumbuh disini. Selain itu, juga terdapat kolam ikan yang luas dimana telah dijadikan tempat wisata sepeda air. Taman hutan raya ini memiliki fungsi sebagai taman hutan raya sebagai tempat konservasi flora dan fauna, pendidikan dan penelitian botani, serta rekreasi di alam terbuka.

Di tempat ini, terdapat gua peninggalan penjajah Jepang. Gua ini dibangun oleh pekerja pribumi secara paksa yang dahulu dikenal dengan nama romusha. Gua ini berupa lorong-lorong dimana dijadikan sebagai pertahanan Jepang saat perang zaman dulu. Lorong-lorongnya tidak begitu panjang, namun di dalamnya terdapat ruangan-ruangan.

Dari Dago Pakar, terdapat jalan setapak yang menuju kawasan Lembang atau kawasan wisata Maribaya yang jaraknya kurang lebih enam kilo meter. Terdapat berbagai flora dan fauna yang dapat dijumpai di sepanjang perjalanan. Jalan setapak ini sering digunakan untuk joging atau trekking, bersepeda pun merupakan pilihan terbaik di tempat ini.

Apabila anda mengunjungi tempat ini, maka anda momen yang unik akan anda rasakan. Nikmati pesona yang jauh dari keramaian kota dan indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar