Rabu, 02 Juli 2014

Wisata Terbaik di Taman Nasional Komodo

Siapa yang tidak kenal akan Wisata Pulau Komodo? Pulau yang merupakan pulau kebanggan Indonesia karena menyimpan hewan purba kala sekaligus warisan piala dunia ini merupakan pulau terbaik dan untuk memberikan tantangan dan kesan yang baru kepada anda. Pada saat anda mengunjungi tempat wisata ini, anda pun akan langsung dihdangkan panorama alam idanh serta udara yang segar dengan kesunyian yang tak bisa anda dapatkan sehari-harinya.

Karena kasrian dan merupkaan warisan dunia, maka dibangunlah Taman Nasional Pulau Komodo di pulau  sebagai tempat habitat dan perlindungan Komodo. Kelestariannya pun patut dijaga, mengingat bahwa satwa langka komodo ini sangatlah rentan akan kepunahan. Tempat wisata Pulau Komodo ini sendiri menawarkan petualangan paripurna untuk alam darat dan juga alam bawah laut.

Taman nasional Komodo ini terdiri dari dua pulau besar, yakni pulau Komodo dan pulau Rinca, serta beberapa pulau-pulau kecil lainnya. Dan untuk menjuju pelabuhan kecil ini, maka dapat dicapai dengan berlayar dari pelabuhan di Labuan Bajo yang terletak di ibukota Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Sesuai dengan namanya, kawasan ini adalah habitat dan tempat tinggal bagi ribuan ekor komodo dimana dapat ditemui di hamparan tanah, sabana, pantai, rawa bakau, ataupun liang-liang. Kemampuan dari satwa bionic ini adalah sanggup melihat sejauh 300 meter, dan mendeteksi bangkai daging antara rentan 4 hingga 10 kilometer, kemudian dapat berlari sangat cepat untuk ukuran reptile sekitar 20 km/jam. Selain itu reptile ini juga dapat berenang, menyelam, dan juga mampu memanjat pohon.

Apabila anda beruntung, maka pada saat anda berkeliling taman nasional ini, anda dpat melihat bagaimana reptile naga ini memburu mangsanya, yakni rusa atau babi hutan. Reptil ini memiliki racun untuk menujang perburuan mangsanya. Gigitan maut dari reptile ini, kabarnya racun yang ada di ludahnya mampu melumpuhkan calon mangsanya. Setelah berhasil digigit, maka mangsanya pun akan terluka dan lumpuh hingga beberapa hari dan akhirnya sekarat dan disantap oleh Komodo ini, karena Komodo ini setia mengikuti mangsanya yang lemah hingga menyantapnya kemudian.

Akan tetapi, pada saat tertentu, kita hanya bisa melihat komodo-komodo ini berjemur di jalan ataupun padang savana. Disamping komodo, dalam pulau ini juga tersimpan kekayaan alam berupa flora yang beragam. Sejak pulau ini dinobatkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO di tahun 1991 lalu, maka banyak wisatawan, baik itu domestik dan terutama dari turis dari manca negara terus berdatangan ke wisata pulau Komodo ini.

Mungkin anda berpikir bahwa akan membosankan berada disini, akan tetapi selain fauna dan padang savannanya, pulau ini juga menyimpan kekayaan lain berupa alam bawah laut terbaik yang ada di dunia. Banyak pelancong dari berbagai belahan dunia yang menyatakan alam bawah lautnya memang yang terbaik. 

Wisata pulau Komodo ini memang dikhususkan untuk orang-orang yang suka wisata petualang dimana dituntut untuk bisa beradaptasi di alam supaya bisa menikmati keindahan dari Pulau Komodo ini. Jadi, jika banyak turis mengunjungi tempat ini, kenapa anda tidak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar